Pages

Labels

Saturday, January 16, 2010

Pembagian jaringan Komputer

Jarak merupakan hal yang penting dalam dalam membangun sebuah jaringan komputer, karena setiap jarak yang berbeda diperlukan teknik yang berbeda-beda pula. Berdasarkan jarak dan area kerjanya, jaringan komputer dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu: LAN, MAN, WAN. Ketiga macam jaringan komputer tersebut menggunakan kabel sebagai alat untuk berkomunikasi. Kita akan bahas satu persatu dari ketiga kelompok jaringan komputer tersebut.

  1. Local Area Network (LAN)

Merupakan suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer atau workstation yang satu dengan komputer yang lain dalam rumah atau perusahaan. Biasanya kalau perusahaan yang menggunakan jaringan ini tidak memerlukan fasilitas dari perusahaan telekomunikasi umum. Jarak yang ditempuh oleh jaringan ini dibatasi dengan radius maksimum 10 km dengan kecepatan koneksi 2 – 10 Mbps.

Jaringan LAN terbagi atas jaringan client/server dan peer to peer. Jaringan client/server adalah tipe jaringan yang difungsikan untuk client dan server. Komputer client adalah pelanggan yang harus dilayani, sedangkan komputer server adalah pelayannya (fasilitator) yakni memfasilitasi semua kebutuhan yang diperlukan dari komputer client. Tipe jaringan ini sangat sesuai untuk meningkatkan keamanan data. Peer to peer adalah tipe jaringan ang memperlakukan semua komputer denga setara, tidak ada yang melayani dan dilayani, semua komputer bertindak sendiri – sendiri tetapi tetap bisa saling berhubungan untuk sharing resources.

Dengan memperhatikan kecepatan transmisi data maka LAN dapat digolongkan dalam 3 kelompok, yaitu:

a. Low Speed PC Network

Kecepatan transmisi data kurang dari 1 Mbps dan biasanya diterapkan untuk personal komputer. Contoh dari jenis ini adalah Omninet oleh Corvus sistem (network bus), apple talk oleh Apple Corporation.

b. Medium Speed network

Kecepatan transmisi data berkisar antara 1-20 Mbps dan biasanya diterapkan untuk mini komputer. Contoh dari jenis ini adalah Ethernet oleh Xerox, ARC net oleh data point corporation.

c. High Speed Network

Kecepatan data transmisi lebih dari 20 Mbps dan biasanya diterapkan untuk Mainframe komputer. Contoh dari jenis ini adalah Loosely CoupledNetwork oleh Control Data Corporation, Hyper Cannel oleh Network Sytem Corporation.

  1. Metropolitan Area Network (MAN)

Pada dasarnya MAN ini merupakan pengembangan dari versi LAN yang jarak dan area kerjanya lebih besar lagi yakni antar kota yang letaknya berdekatan. MAN juga mencakup perusahaan yang memiliki kantor-kantor yang sangat berdekatan dan mampu menunjang data dan suara, bahkan bisa disambungkan dengan jaringan televise kabel. Jarak yang bisa ditempuh oleh jenis jaringan ini mencapai radius antara 10-59 km. dalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket melalui kabel output.


  1. Wide Area Network (WAN)

Merupakan sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup Negara dan benua. Komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu: kabel transmisi dan elemen switching.

Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari satu komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching merupakan sebuah komputer yang khusus digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. Saat data yang dikirim sampai ke kabel si penerima, elemen switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut.

Pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router. Router merupakan sebuah perangkat yang dapat menghubungkan jaringan lokal yang sama pada lapisan jaringan OSI. Bila dua router yang tidak menggunakan kabel yang sama akan melakukan komunikasi, maka keduanya harus berkomunikasi secara tidak langsung melalui router. Paket data yang dkirim dari router yang satu ke router yang lainnya akan melalui router perantara. Setelah diterima dalam kondisi yang lengkap maka paket ini disimpan sampai ke saluran output dalam kondisi yang bebas, baru paket akan diteruskan.


2 comments:

  1. Nice gan informasinya... kunjungi balik ya !! thx b4... :)

    ReplyDelete
  2. dari Teknis Jaringan & Komputer
    coba jelaskan yang lebih mendeail tenang jaringan, seperti bagian yang erkait dengan unsur-unsur tentang pembelajarannya dan juga mengenai keamanan jaringan tersebut, supaya nggak bisa dibobol.

    ReplyDelete