Pages

Labels

Friday, April 24, 2009

Cara Transfer File Musik ke iPhone 3G

Mesti kita maklumi, iPhone menjadi salah satu trend-setter ponsel berinterface sentuh. Terbukti setelah iPhone, perangkat PDA berbasis Windows mulai diramaikan oleh produk HTC Touch dengan TouchFLO-nya, hampir semua vendor mapan tak ketinggalan membuat produk berlayar sentuh.

Tak terkecuali Nokia yang melepas symbian S60 versi terbaru untuk mendukung interface tersebut, bahkan Blackbarry yang sudah dikenal sebagai ponsel berkeyboard QWERTY ikut nimbrung di deretan ponsel sentuh lewat produk Storm 9500.

Tapi kehebatan iPhone 3G masih menyisakan beberapa persoalan. Terutama di sisi manajemen data yang tidak populer untuk pasar Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, mengirimkan file musik ke iPhone tidak bisa dilakukan dengan cara mengkopi dan memindahkannya langsung ke ponsel. Apalagi mengirimkan file lagu dari ponsel lain via Bluetooth. Tidak akan bisa iPhone tidak menyediakan profil OBEX untuk transfer data semacam ini.

Transfer File Musik

1. Download dan instal iTunes versi 8 ke atas di http://www.apple.com/itunes/download. Lalu instal. Isi iTunes dengan file musik yang ada di komputer Anda. Lakukan ini melalui File > add file atau add folder to library. Pilih folder musik Anda dan biarkan iTunes yang memindahkannya untuk Anda.

2. Masih di iTunes. Jika file musik Anda mencapai angka yang melebihi bataskapasitas iPhone (8 dan 16 GB), buat plasylist baru. Klik tanda + yang ada di bawah kiri iTunes. Lalu beri nama sesuka Anda, contoh: "iPhone 3G". Pindahkan file musik kesukaan sesuai kapasitas iPhone kedalam playlist baru ini.

3. Hubungkan iPhone ke PC dengan kabel yang disediakan. Tunggu beberapa saat hingga muncul tulisandi pojok kanan bawah "your device is now connected and ready to use".

4. Kembali ke iTunes. Pastikan iPhone 3G telah terbaca. pastikan Anda menghapus tanda contreng di ketiga parameter option. Hal ini untuk mencegah hilangnya file karena sinkronisasi yang tidak diinginkan.

5. Atur konfigurasi sesuai kehendak. lalu masuk ke Music. Contreng Sinc Music playlist yang Anda buat tadi (iPhone 3G), lalu klik Apply yang terletak disudut kanan bawah ponsel.

6. Setelah selesai, semua file yang ada di playlist tadi akan tersinkronisasi dengan iPhone dan Anda bisa menikmatinya di ponsel Anda. Ketika kita ingin menambah lagu atau menghapus lagu. Lakukan ini di playlist iTunes komputer, bukan iPhone. Lalu lakukan lagi sinkronisasi.





Selamat Mencoba.

2 comments:

  1. Penyajian Arktikel di blog ini sangat bagus, saya suka..
    Semoga Artikel lainnya memberikan informasi yang lebih bermanfaat lagi.

    ReplyDelete