Pages

Labels

Saturday, January 16, 2010

Prinsip Dasar Jaringan Komputer

  1. Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer (komputer network) merupakan fasilitas yang digunakan oleh beberapa pengguna komputer dalam ruang lingkup tertentu untuk saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Dalam artian sekelompok komputer dalam wilayah tertentu yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya dengan menggunakan kabel atau penghubung komunikasi sehingga dapat saling bertukar informasi, file, maupun penggunaan hardware bersama.Dalam Jaringan biasanya terhubung dengan beberapa komputer ke sebuah atau beberapa server. Server merupakan komputer yang difungsikan sebagai pengatur serat melayani dalam proses pengiriman maupun penerimaan data.

  1. Tujuan Membangun Jaringan Komputer

Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah untuk membawa informasi secara tepat dan cepat tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (Transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi. Pada sekarang ini masih ada kendala dalam membangun jaringan komputer, yakni jalur transimisi yang digunakan tidak benar-benar bebas dari gangguan.

  1. Manfaat Adanya Jaringan Komputer

Bersama lebih ringan dan mudah dilakukan dari pada melakukan sendiri. Sama halnya dengan jaringan, kalau satu komputer yang melakukan pekerjaan banyak pasti akan terasa susah dan berat tapi dengan memakai jaringan semuanya akan jadi mudah karena akan menghemat waktu, tenaga dan biaya. Manusia sekarang telah mengakui bahwa teknologi modern selalu memiliki keunggulan yang kompetitif dibandingkan dengan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dalam jaringan komputer:

- Penggunaan Sumber bersama (sharing resources)

Sharing resources memungkinkan setiap pengguna (users) dapat mengakses/memanfaatkan seluruh file atau program dan peralatan (hardware) yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengguna lainnya. Dengan kata lain seorang yang lokasinya sangat jauh sekalipun dari sumber dapat mengakses data maupun informasi tanpa menglami kesulitan.

- Media Komunikasi

Sepeti halnya anda mengambil uang di ATM, padahal uang tersebut baru dikirim oleh ayah anda dari Bank luar negeri dan dengan cepat anda bisa mengambilnya. Kenapa bisa? karena adanya komunikasi antara mesin ATM dan komputer yang berada di Bank tersebut. Transaksi pengambilan uang yang dilakukan secara langsung dan akurat dinamakan transaksi secara on line, artinya bahwa perubahan transaksi data yang terjadi saat itu akan mengubah data pada komputer server pada saat yang sama.

Dengan adanya jaringa komputer ini memungkinkan terjadinya teleconference, yaitu suatu teknologi komunikasi antara dua orang yang berada didaerah atau Negara yang berlainan sehingga dapat bertatap muka secara langsung melalui komputer.

- Integrasi Data

Dengan adanya jaringan komputer memungkinkan pengolahan data bisa dilakukan dan di distribusikan ke beberapa komputer, sehingga tidak menggantungkan pada server saja. Dengan adanya integrasi data ini pengaksesan data dapat dilakukan secara tepat dan akurat

- Pengembangan dan Pemeliharaan

Dengan adanya jaringan komputer ini maka pengembangan peralatan dapat dilakukan secara efisien. Misalnya membutuhkan printer, printer yang dibutuhkan tidak pelu membeli sejumlah komputer yang ada pada perusahaan tersebut cukup satu atau dua printer yang dibeli dan bisa digunakan secara bersama-sama . untuk pemeliharaan dapat dilakukan oleh server saja seperti memberikan proteksi pada harddisk dengan antivirus dan itu sudah mewakili dari keseluruhan komputer yang ada dalam jaringan tersebut.

- Keamanan data

Untuk keamanan sistem pada jaringan komputer maka untuk hak akses perlu diberikan user name (ID) dan password sehingga memungkinkan adanya perlindungan yang efektif.

- Efisiensi Sumber daya

Dengan adanya jaringan komputer ini sumber daya yang digunakan bisa lebih efisien. Karena selain memudahkan dalam bekerja juga peralatan yang dugunakan lebih sedikit dan menghemat biaya. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh si pemakai.



1 comment: