Pages

Labels

Friday, April 24, 2009

Benarkah "Face Book" Picu Kanker dan Stroke ?

Tadi siang (04/03/2009) ketika saya sedang asyik-asyiknya ngobrol bareng temen-temen seperjuangan, tiba-tiba teman saya yang duduk di sebelah kiri saya menyolek saya sambil berkata "Lang..Lang (panggilan akrab saya) coba deh baca berita dari koran Pikiran Rakyat ini". Tanpa pikir panjang lagi, pas saya melihat judul beritanya "Face Book" Picu Kanker dan Stroke tanpa pikir panjang lagi..... dan tanpa pikir panjang lagi juga, berita ini langsung saya ringkas di kertas selembar untuk saya posting di blog kebanggaan saya ini heu.., "wah..wah..wah berita menarik nih, bakalan jadi kontroversi" kata saya. Dan akhirnya jadilah tulisan seperti ini:

Menurut Dr Aric Sigman di jurnal Biologist, Situs jejaring sosial semacam facebook atau Myspace memang dibuat memperkaya kehidupan sosial. Namun kenyataannya malah membuat orang terpisah satu sama lain karena keasyikan berinteraksi secara virtual. Menurutnya fenomena tersebut dapat menimbulkan efek biologis. Kurangnya pertemanan face to face dikatakannya bisa mengubah kerja gen, mengganggu respons kekebalan tubuh, level hormon, fungsi arteri, dan mempengaruhi keadaan mental. Ujung-ujungnya keadaan tersebut di klaim bisa menyebabkan


berbagai gangguan kesehatan serius seperti kanker, stroke, sampai demensia.

Selain itu juga efek yang di timbulkan dari situs-situs jejaring sosial ini dapat membuat orang semakin terisolasi. Buktinya, waktu yang dihasbiskan orang untuk berinteraksi langsung turun secara drastis semenjak adopsi media elektronik melonjak.

Interaksi di dunia nyata dengan orang lain memberi manfaat bagi tubuh, yang tidak diperoleh dari relasi virtual. Dijelaskannya, level hormon ataupun gen yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh berubah-ubah menurut jumlah waktu yang di habiskan orang untuk berinteraksi fisik.

Nah... loh... gimana tuh ternyata efek samping dari main-main di facebook itu kurang baik juga ya buat kesehatan. Ah, terserah Anda deh menyikapinya namun yang penting sih, kalau menurut saya mah asal jangan terlalu sering aja main-main di facebook-nya, jangan sampai karena ke asyikan maen-maen di facebook sampai-sampai lupa makan dan mandi heu..heu.. jelas saja efeknya sangat tidak baik untuk kesehatan karena dengan prilaku seperti itu dapat menyebabkan BBB, eh BB (Bau Badan)

No comments:

Post a Comment