Dilengkapi banyak contoh, Mdamt memperkenalkan cara mengakses library Ming dari PHP untuk generasi animasi Flash secara dinamik.
Situs-situs dengan animasi Flash sekarang makin digemari. Bukan saja karena dapat membuat tampilan lebih menarik, namun juga bisa membuat suatu situs menjadi interaktif secara instan.
Animasi Flash bisa dibuat dengan berbagai macam software selain Macromedia Flash. Dengan menggunakan library Ming buah karya Dave Hayden, kita bisa membuat animasi Flash sendiri menggunakan PHP, C, C++, Python, atau Ruby. Dalam artikel ini saya akan mengupas sedikit mengenai pembuatan animasi Flash dengan PHP. Di PHP sendiri, selain dengan Ming, kita juga bisa menggunakan libswf atau PHP Flash Turbine dari Blue Pacific. Namun keunggulan Ming dari dua library di atas adalah bahwa Ming adalah produk open source.
Instalasi
Instalasi Library
Library Ming menggunakan lisensi LGPL dan source codenya tersedia bebas. Silahkan download terlebih dahulu lalu ekstrak sourcenya. Setelah terekstrak, ketikkan:
$ cd ming-0.1.1 $ make $ su -c 'make install'
Perintah-perintah di atas menginstruksikan sistem untuk menginstall library Ming di dalam direktori /usr/lib.
Instalasi Modul PHP
Ming dapat diinstal mulai dari PHP versi 4.0.2, dan sejak versi 4.0.5, Ming sudah dimasukkan sebagai fungsi builtin PHP. Untuk menginstal modul Ming, PHP perlu dikompile dengan parameter --with-ming=/usr.
Apabila tidak ingin mengkompile ulang PHP, download saja file php_ming.so dan masukkan ke dalam konfigurasi di file php.ini. Tambahkan baris berikut ke file php.ini.
extension=php_ming.so
Jangan lupa untuk meletakkan file php_ming.so ke dalam direktori modul PHP yang benar.
Konsep Dasar
Flash Object
Dalam Ming, semua komponen animasi
Flash adalah objek yang bisa langsung dimanipulasi melalui metode dan atribut yang disediakan. Karena itu, latar belakang pengetahuan mengenai pemrograman berorientasi objek (OOP) pada PHP akan sangat membantu.
Twips
Semua nilai jarak, panjang, ukuran, dan sebagainya, diukur dalam satuan twips (twenty units per pixel). Jadi dua puluh satuan pada Flash sama dengan satu pixel di layar. Namun demikian, kenyataan di layar bisa berbeda, karena Flash akan secara otomatis melakukan skala terhadap angka panjang dan lebar layar animasi yang didefinisikan pada tag atau